Breaking

Wednesday, May 10, 2017

Taman Batu Purwakarta itu Stone Garden di Cijanun, Kecamatan Bojong, Purwakarta


Taman Batu Atau Stone Garden?

Beberapa hari ini ada beberapa komentar dan pertanyaan yang masuk terkait dengan salah satu destinasi wisata populer di Purwakarta saat ini yang pernah saya posting beberapa bulan lalu yaitu, Stone Garden yang terletak di aliran mata air di Desa Cijanun, Kecamatan Bojong, Purwakarta. Jika beberapa artikel tetangga lebih memilih untuk menggunakan nama Taman Batu Bojong atau Taman Batu Purwakarta, saya lebih cenderung menggunakan istilah Stone Garden karena memang biasanya lebih enak disebut begitu, lagipula anda pasti tahu bahwa taman batu yang terkenal saat ini ada di perbatasan Cimahi-Padalarang, yaitu Stone Garden Bandung yang merupakan salah satu Geopark alias cagar alam yang bisa dinikmati keindahannya oleh umum. Meskipun begitu, bukan bermaksud membandingkan atau lainnya, tapi baik taman batu bojong Purwakarta ataupun Taman Batu (Stone Garden) Geopark Bandung memiliki keindahan dan eksotisme masing-masing. Selain dari keindahannya yang memang dibentuk secara langsung oleh Tuhan melalui alam ini sehingga sulit untuk menemukan kekurangannya, keduanya tetap merupakan kekayaan alam Indonesia yang patut kita apresiasi dan kita kenalkan pada dunia. Jadi bagi anda yang memang masih merasa aneh atau rancu, saya tekankan disini, Taman Batu Bojong atau Taman Batu Purwakarta, adalah Stone Garden Bojong, atau Stone Garden Purwakarta, masih itu-itu juga. 


Dimana Letak Taman Batu Atau Stone Garden Bojong?

Taman Batu Bojong terletak tepat di Desa Cijanun, Kecamatan Bojong Purwakarta yang merupakan salah satu Kecamatan dengan Iklim Dingin di Purwakarta. Mengapa? Karena Kecamatan ini diapit oleh dua Gunung Besar, yaitu Gunung Hejo, dan Gunung Burangrang. Jadi jangan aneh jika suhu disini cukup dingin. Lebih tepatnya Kecamatan Bojong ini bisa kita kunjungi dengan mengambil jalur wanayasa menuju ke Sawit (Jalur Lembang) , atau dari Darangdan menuju ke Bojong (Jalur Padalarang). Tapi jangan pernah berpikir kalau Taman Batu Bojong Purwakarta, adalah taman Batu yang sama yang ada di Cimahi, Jelas Bukan, dan Jelas Berbeda. 

Kondisi Wisatanya Seperti Apa? 

Jika Taman Batu atau Stone Garden Bandung merupakan gundukan bebatuan besar hasil proses alam, maka Taman Batu di Purwakarta juga sama, hanya saja perbedaannya terletak di keberadaan mata air cijanun yang airnya mengalir melalui sela-sela bebatuan di Taman Batu Purwakarta sehingga menghasilkan kubangan besar yang cocok untuk dijadikan tempat berenang 40 orang sekaligus, dan hebatnya, kolamnya tidak hanya satu, tapi tiga. Cocok sekali kalau anda berencana gathering bersama sanak keluarga atau sekedar pelesir bersama pasangan kesini. Tapi tetep harus bawa makanan, karena namanya taman batu, pastinya dipenuhi batu, dan batu tidak bisa dimakan. Kalau taman bolu mungkin akan lebih banyak lagi yang berkunjung kesini karena memang belum anda bolu dijadikan taman.

Akses Jalan?

Akses jalan kesini sebenarnya cukup mudah, tapi karena kesulitan untuk menemukan lokasi tepatnya, banyak orang yang nyasar. Tapi untuk informasi lengkapnya, silakan lihat artikel yang pernah saya posting sebelumnya di Eksplorasi Stone Garden Purwakarta. Dipostingan itu saya sudah bahas lengkap dengan segala sesuatunya, tapi tak apalah, sedikit sedikit saya juga akan bahas di postingan ini.


Harga Tiket Masuk?

Untuk sementara ini saya hanya bisa berkata, sewaktu saya kesana biaya masuk belum diberlakukan, dan masih dibilang biaya seadanya saja, kecuali untuk parkir kendaraan, dikenakan tarif Rp. 2000 per motor. Tapi dikarenakan kejadian tersebut terjadi beberapa bulan lau, mungkin saja saat ini biaya masuk sudah diadakan, dan sudah dioleh secara profesional oleh penduduk setempat, karena sebelumnya, Taman Batu ini masih dalam proses pembenahan alias revitalisasi sehingga pengolahannya masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Kalaupun sudah dikenakan tarif, saya pikir tidak akan jauh dari kisaran 5000 minimalnya dan 10000 maksimalnya untuk satu orang.


Saran

Jika hendak berkunjung kesini hendaknya datang di pagi hari, karena perjalanan akan sangat melelahkan. Jika memungkinkan untuk tidak membawa anak kecil itu lebih baik karena saya pikir, lokasi wisata ini cukup berbahaya karena dipenuhi bebeatuan terjal, kecuali jika anda memang berniat untuk ekstra hati-hati menjaga anak anda disini. Akses jalan secara garis besar sudah bagus meskipun ada beberapa yang rusak, dan fasilitas umum seperti toilet, tempat ibadah, ataupu tempat makan sudah ada disini, jadi anda tinggal bawa baju ganti dan uang yang cukup saja jika berncana berkunjung ke Taman Batu Cijanun, Kecamatan Bojong, Purwakarta. 
Selamat berwisata

Salam

No comments:

Post a Comment