Breaking

Saturday, January 21, 2017

Curug Cipurut Wanayasa ( Kabupaten Purwakarta )

CURUG CIPURUT WANAYASA KABUPATEN PURWAKARTA



Dari beberapa wisata di Kabupaten Purwakarta menjadi potensi baru bagi para wisatawan untuk berkunjung dalam mengisi hari libur ( weekend ) bersama keluarga,teman,sahabat,dan kerabat.Dan tentunya pihak pemerintah pun turut  mengembangkan dan mempromosikannya.Salah satu Daerah di Kabupaten Purwakarta yang menjadi potensi tujuan untuk mengisi liburan bagi para wisatwan adalah daerah Kecamatan Wanayasa,karena daerah Kecamatan Wanayasa ini mempunyai dataran yang cukup tinggi dan berdekatan dengan pegunungan  yaitu Gunung Burangrang dan memiliki suhu udara yang sejuk sangat cocok untuk mengisi liburan dengan suasana yang alami.bersama keluarga,teman,sahabat,dan kerabat.

( Panorama sekitar Wanayasa,Kabupaten Purwakarta Foto By Nald )

Salah satu obyek wisata yang ada di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta ini yang akan kami bahas adalah Wisata Air Terjun Curug Cipurut Wanayasa .Air terjun Curug Cipurut ini pun yang tidak kalah suasana eksotisnya serta alam pegunungannya dan hamparan perkebunan teh dengan pemandangan bebas melihat dataran rendah yang disajikan oleh alam langsung untuk destinasi kita dan meresapi keindahan alam ini.yang akan mengisi perjalan anda menuju titik lokasi Wisata Air Terjun Curug Cipurut Wanayasa.

( Panorama rute Curug Cipurut Foto By Nald )




Di dalam pembahasan ini pun rute menuju obyek wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa akan kami suguhkan kepada anda sebagai informasi sebelum mengeksplorasikannya untuk panduan dalam perjalanan anda.Mungkin bukan hal yang baru bagi wisatawan yang sudah pernah berkunjung ketempat wisata ini, tetapi kami akan menjadikan sebuah informasi sebelumnya bagi wisatawan yang belum pernah mengunjunginya dan ingin mencoba berkunjung didalam destinasi alam obyek wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa.
Curug Cipurut ini terletak di Kecamatan Wanayasa,Desa Sumurugul Kabupaten Purwakarta.Curug Cipurut Wanayasa dilihat secara geografis berada di kaki gunung / lereng Gunung Burangrang Kecamatan Wanayasa Kabupatern Purwakarta.Sudah pasti suhu yang dimiliki di daerah curug cipurut Wanayasa ini pun memiliki Drajat suhu yang sejuk dan keadaan airnya pun dingin bisa membuat tubuh anda segar bila anda berendam.
Wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa inipun memiliki beberapa curug di atas aliran curug nya,menurut warga setempat curug cipurut Wanayasa ini memiliki  7 air terjun dalam satu aliran air dari hulu hinga hilir,karena waktu dan cuaca yang tidak memadai kami belum sempat melakukan observasi  kunjungan ke curug selanjutnya.
Bila anda ingin menuju curug cipurut Wanayasa 2 atau Curug Cipurut Wanayasa yang ke 3 dan selanjutnya agar mempersiapkan diri dan perbekalan makanan serta minuman yang mencukupi dari curug yang pertama karena di perjalanan anda menuju Curug Cipurut Wanayasa yang ke 2 ataupun selanjutnya tidak ada warung yang berjualan, karena dalam perjalanannya cukup membuat tenaga anda terkuras karena kondisi jalan atau rute untuk menuju curug cipurut wanayasa 2 atau selanjut nya mempunyai rute yang mendaki / menanjak dan kontur tanah yang licin ketika hujan atau sesudah hujan.kami sarankan untuk berhati-hati ketika ingin menuju curug cipurut Wanayasa 2,3 dan selanjutnya,saran tambahan agar dapat memakai sepatu atau sandal yang spesifikasi nya khusus untuk mendaki pegunungan karena kondisi kontur tanah yang di lewati masih alami ( tanah merah ). Lihat pada gambar di bawah ini kondisi tanah yang akan di lewati menuju curug 2,3 dan selanjutnya.
( jalur atau rute menuju curug cipurut 2-7 )
 Curug cipurut Wanayasa ini juga menyediakan area untuk camping / berkemah,yang bisa anda gunakan untuk berkemah bersama teman, sahabat, kerabat, ataupun keluarga.Area kamping disinipun terilhat bersih dan rapi,tidak usah susah payah untuk menebang rumput sebelum mendirikan tenda.
Salah satu foto untuk area berkemah lihat pada gambar di bawah ini.
( area kamping atau berkemah )
Selain pada gambar di atas tersebut masih ada beberapa area untuk di jadikan tempat kamping atau berkemah di wisata Curug Cipurut Wanayasa ini.anda tingal memilih tempat lokasi yang anda minati dari beberapa titik lokasi area untuk mendirikan tenda ( berkemah ).Fasilitas untuk toliet dan mushola pun sudah tersedia dengan baik dan bersih.

Suhu Drajat yang dimiliki daerah inipun cukup menggigilkan tubuh di waktu pagi hari,sore hari dan malam,terkadang pada pagi hari ataupun sore hari wisata Curug Cipurut Wanayasa inipun di selimuti kabut yang cukup membuat tubuh anda menggigil,tetapi tidak usah khawatir di Curug Cipurut Wanayasa ini tersedia warung sebelum pos jaga atau tempat loket anda masuk area wisata dan anda bisa memesan minuman hangat atau makan hangat untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan rasa lapar.
( so pasti di suhu yang dingin sudah pasti perut pun akan cepat memproduksi makanan yang di konsumsi karena suhu yang memadai...hahaha, sudah alamiah pastinya "menurut kami" ).

Dengan segelas kopi panas atau pun teh hangat anda bisa merasakan suasana alam yang memang membuka seluruh aura positif yang ada di dalam tubuh anda yang setiap hari penuh dengan penatnya kehidupan kota dan pikiran yang penuh dengan tugas-tugas kantor serta lelahnya dalam mengerjakan tugas kerja.disinilah semua akan di Refresh nya dengan suasana alam dan  keadaan yang alamiah. 

Let's kita menuju rute untuk ke tempat wisata Air Terjun Cipurut Wanayasa,yang pertama harus anda persiapkan dan anda pahami kondisi tubuh anda ketika ingin berkunjung ketempat wisata ini.karena tempat medis jauh dari lokasi ini.dan Persiapkan terlebih dahulu obat-obatan yang menunjang kesehatan tubuh anda WARNING ( jangan obat terlarang ) DANGER..!!!.

Fokus dan cermati beberapa foto yang telah kami sediakan di dalam Rute untuk menuju Wisata Air Terjun Curug Cipurut Wanayasa ini...


Rute menuju Curug Cipurut Wanayasa

Rute jarak tempuh dari Purwakarta kota - wanayasa 25 KM atau dalam waktu 40 - 50 menit untuk menuju Kecamatan Wanayasa  tepatnya " Situ Wanayasa ".( Tergantung dalam berkendaranya ).Agar dapat merasa tenang dan nyaman kami sarankan untuk mengisi Bahan bakar terlebih dahulu dengan kapasitas yang memungkinkan untuk bisa sampai pada tempat tujuan.di karenakan POM pertamina hanya ada  2 POM  di Daerah Pasawahan dan sebelum situ Wanayasa kalau dari arah Purwakarta via Pasar simpang anda akan menemui POM Pertamina yang pertama,tetapi kalau via Desa Citalang anda akan menemui POM Pertamina di 1KM Sebelum situ Wanayasa langsung.Tetapi tidak usah khawatir karena di perjalanan Purwakarta - Wanayasa tersedia POM Mini yang akan anda temui di dalam perjalanan menuju Kecamatan Wanayasa.

Situ Wanayasa disini akan menjadi sebuah barometer bagi wisatawan yang berada di bagian utara untuk menuju obyek wisata alam yang ada di Kecamatan Wanayasa dan Kecamatan kiara pedes juga Kecamatan Bojong Sawit Kabupaten Purwakarta,di dalam kesempatan ini kita akan menjadikan Situ Wanayasa sebagai Barometer rute untuk menuju air terjun Curug Cipurut Wanayasa yang sekarang akan saya bahas di dalam artikel ini.

( Situ Wanayasa kabupaten Purwakarta Foto By Nald )


Ketika anda menemui situ Wanayasa jarak kisaran 500 meter anda akan menemui pertigaan arah jalan Cagak dan arah Bojong Sawit.Anda tinggal ambil rute ke arah Bojong Sawit.
( lihat gambar di bawah ini  ).Anda tinggal ambil lurus rute menuju arah jalan Bojong Sawit.tinggal ikuti jalan raya tersebut.

( Pertigaan jalur ,jalan Cagak - Bojong Sawit rute menuju arah wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )
Dengan jarak 1 KM dari pertigaan diatas anda akan menemui Gang masuk menuju Desa Sumurugul. Anda tinggal belok kiri masuk ke dalam Gg ke desa Sumurugul,untuk menuju wisata air terjun Curug Cipurut.

( Pertigaan / Gang rute menuju arah wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )
Setelah anda masuk Gg menuju desa Sumurugul ikuti jalur dan berhati-hatilah karena Diameter jalur mulai mengecil agar dapat menstabilkan kendaraan karena jalur ini sudah memasuki daerah perkampungan dan tentunya selalu ada anak-anak yang bermain.Di dalam perjalan,anda akan menemui beberapa pertigaan yang akan anda lalui maka kami sarankan untuk tetap fokus berhati-hati,dan menstabilkan laju kendaraan anda.

( Pertigaan jalur / rute menuju arah wisata air terjun Curug Cipurut Foto By Nald )
 Anda tinggal ambil lurus kendaraan anda untuk menuju Curug Cipurut Wanayasa,agar tetap fokus dan berhati-hati karena jalan ini hanya cukup untuk satu kendaran mobil dan motor.beberapa meter di depan perjalan anda kisaran 5 meter akan anda temui pertigaan selanjut nya ( lihat gambar di bawah ini ).

( Pertigaan jalur / rute menuju arah wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )
 Anda tinggal ambil lurus rute arah menuju wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa,kami tetap sarankan untuk tetap waspada pada keadaan rute jalur.Didepan rute / jalur perjalanan anda msih ada beberapa pertigaan yang akan anda lalui,jadi agar tetap fokus dalam mengendarai kendaraan.

( pertigaan menuju wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )
Anda tinggal ambil kanan langsung belok kekiri jalur ( lihat pada gambar diatas ).Agar tetap fokus pada laju kendaraan karena jalur ini semakin mengecil hanya cukup untuk satu mobil dan keadaan jalan pun menanjak sampai pada akhir desa Sumurugul.

( lahan parkir dan batas akhir Desa Sumurugul Foto By Nald )

Batas desa Sumurugul dan lahan parkiran untuk menempatkan posisi kendaraan anda.di sini tersedia lahan parkir berkapasitas 7 kendaran roda 4 dan ada pula pada halaman rumah warga yang bervariasi kapasitasnya dari 2 kendaran sampai 3 dan 4 kendaran biaya parkir pun Rp.2000 - 5000 rupiah.disini awal dari perjalanan jalan setapak menuju wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa.

( kodisi jalan setapak menuju wisata air terjun Curug Cipurut Foto By Nald )
Jalur arah menuju Curug Cipurut Wanayasa ini masih terbilang alami dan cukup licin bila sesudah hujan turun dikarenakan kontur tanah masih tanah merah,agar tetap berhati - hati untuk terhindar dari hal - hal yang kita tidak ingin kan di dalam perjalan anda.
Jarak tempuh menuju pintu pos jaga atau gerbang tiket masuk wisata Curug Cipurut Wanayasa kurang lebih 1 KM dari parkiran akhir. tetapi dalam perjalanan ini anda akan merasa santai,relak,karena di setiap perjalanan ini anda akan di temani dengan suasana dari suguhan alam yang tidak akan terasa dari jarak tempuh.

( Pos jaga / Pintu masuk area wisata Curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )



Selamat datang di wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa Gunung Burangrang.Pintu pos jaga untuk membayar tiket masuk dengan biaya yang tidak merogoh kocek terlalu dalam cukup murah meriah hanya dikenakan biaya Rp.5000 rupiah/orang.bagi pengunjung yang hanya untuk berwisata,bagi yang akan berkemah di kenakan biaya Rp.7000/orang.Anda sudah bisa menikmati suasana di dalam nya yang bisa merasakan keindahan Curug dan alirannya serta pemandangannya.


Panorama area wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa

( Area wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )

( area wisata air terjun curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )


( Panorama aliran curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )

( Curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )

( Panorama aliran air terjun curug Cipurut Wanayasa Foto By Nald )


( JAGALAH ALAM DAN BUMI Foto By Nald  )
Selamat berwisata semoga menjadi pilihan alternatif berwisata alam untuk mengisi akhir pekan bersama teman,sahabat dan kerabat,ataupun bersama keluarga anda.Pesan dari kami agar tetap menjaga diri dan berhati-hati dimana pun anda berada dan harus ekstra hati-hatilah bila membawa anak-anak untuk tetap mendampinginya.serta jagalah kebersihan alam.selamat berwisata.
"Say no to drug" dan MIRAS.
Terima Kasih.



        







No comments:

Post a Comment